h1

Cara Mempercepat Download Torrent

Barusan ada sahabat maya yg komplain, katanya dia download file lewat jalur P2P bittorrent, tp lambatnya gila-gilaan. File 100 MB, baru selesai download 2 hari. Padahal dia sudah ngikutin saran para ‘pakar’ per-torrent-an, tp masih juga lambat.

Well, berhubung saya jg sempat jadi downloader setia lewat torrent, berikut ada beberapa catatan kecil untuk mempercepat proses download. Semoga bermanfaat.

1. Pilih File Yang Seeder-nya Paling Banyak.

Sebelum memilih file torrent yg ingin diunduh, ada baiknya anda perhatikan jumlah seeder dan peer yg ada. Biasanya tiap situs yg menyediakan file torrent akan menampilkan statistik jumlah seeder, peer dan leecher dari file tersebut. Seeder adalah client yg sudah 100% memiliki file tersebut dan saat itu sedang meng-upload file yg bersangkutan. Peer, mirip dengan Seeder, tp belum memiliki 100% file, dengan kata lain, selain meng-upload file, peer juga masih mendownload file yg sama dr Seeder/Peer lainnya. Leecher, seperti namanya, adalah peer yg ‘nggak niat’ mengupload, maunya cuman ‘nyedot’ (download) aja. Biasanya rasio download-upload leecher berbeda sangat jauh, misal download 100 kbps, uploadnya cuma 3 kbps.

 

Kesimpulannya, makin banyak seeder, makin cepat downloadnya. Makin banyak leecher, download bisa nggak selesai-selesai. Kalo anda nemu file yg seeder-nya 0, lupakan aja, cari file lain. Seeder 0 artinya nggak ada client yg mengupload file tersebut, artinya file yg anda download nggak akan pernah tuntas.

2. Perbanyak Tracker List

Tracker adalah server yg memberi dan menerima informasi client yg saat itu mengupload/mendownload file. Umumnya satu file torrent memiliki beberapa tracker yg memiliki informasi jumlah dan alamat dr client di bawahnya. Jadi, makin banyak tracker untuk satu file, makin banyak pula informasi client yg bisa dihubungi, terutama seeder. Seperti yg sudah dijelaskan di atas, makin banyak seeder, makin cepat downloadnya.

 

Kalo anda mendownload 1 file lewat torrent, biasanya tidak semua tracker untuk file tersebut tercatat di client. Beberapa torrent client biasanya menyediakan fasilitas untuk menambah jumlah tracker untuk file yg sedang didownload.

3. Jadilah Leecher Yg Baik

Sudah jadi rahasia umum kalo koneksi internet di Indonesia tuh ‘empot-empotan’ kayak bajaj. Kadang jalan, kadang pula mogok. Tapi pada dasarnya tetap aja lambat kalo dibandingkan dengan koneksi internet di luar negeri. Nah, hal ini juga berpengaruh pada proses download file lewat torrent. Kalo kebetulan koneksi internet anda memiliki keterbatasan bandwidth, anda bisa memperbesar kecepatan download dan memperkecil kecepatan uploadnya.

Jadi leecher dong ? Emang, tp yg perlu diingat, jangan terlalu ekstrim dalam memperkecil kecepatan upload. Lakukan dengan rasio yg masih masuk akal, misal 1:2 (Kecepatan download 2x kecepatan upload, misal 100 kbps download/50 kbps upload). Dan jangan lupa, setelah download tuntas, filenya dishare/upload lg dengan kecepatan normal, dalam hal ini anda sudah menjadi seeder.

Umumnya, fasilitas untuk memperbesar/memperkecil transfer rate untuk download/upload ada di tiap torrent client.

4. Tambah Koneksi Peers

Umumnya tiap satu pekerjaan download, torrent client akan membatasi jumlah peer yg terkoneksi biasanya hanya sampai 50 peers. Anda bisa menambah jumlah peer yg terkoneksi dengan client anda melebihi batasan tadi, misalnya jadi 100.

Sekedar catatan, jangan terlalu banyak menambah peers, misal 500 atau 1000 atau melebihi jumlah peers untuk file itu sendiri. Dari pengalaman saya, menambah peers terlalu banyak akan menyebabkan data yg didownload cacat. Maksudnya gini, ada istilah Hash dalam torrent. Hash adalah semacam kode string yg berisi informasi tentang file torrent yg didownload, seperti ukuran, daftar file, sampai potongan (pieces) dr file-file tadi. Ketika mendownload, torrent client akan membandingkan file yg sudah didownload dengan informasi pada hash. Kalo ternyata nggak cocok, client akan mengabaikan file tadi dan mendownload ulang file yg cocok dengan informasi hash tadi. Data yg diabaikan tadi disebut hash fails atau rubbish data. Terlalu banyak peers akan menambah jumlah hash fails yg malah akan mengakibatkan download menjadi lebih lama.

5. Cara ‘Maksa’ (PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KERUGIAN YG DITIMBULKAN OLEH CARA INI)

Dulu waktu saya jd maniak download lewat torrent, saya suka nginap di kantor. Nah, biasanya waktu hari libur sepi, tp ada beberapa komputer teman yg ditinggal masih nyala, dan saya tau kalo komputer itu juga lagi download file. Jadi gimana caranya supaya download torrent saya nggak terganggu dengan download teman-teman lain ?

Hehehe …. tinggal cabut kabel jaringan dr tiap komputer tersebut dan … wuss … download jadi cepat deh. Setelah download selesai, pasang lagi kabel jaringan di tiap komputer tadi, dan pasang tampang pilon esok harinya. Hahaha …. old days.

Hahaha … cara terakhir tadi jangan diikutin deh. It is very dangerous. Ntar kalo anda tertangkap basah sama admin jaringan atau bos, bisa panjang ceritanya.

OK, selamat mendownload.

6 komentar

  1. its working, gue tambah koneksi peernya, koneksi dl nya langsung naik 10 kali lipat, dari rata2 3 KB/s jadi rata2 32 KB/s..
    wakakakkkk…
    thanks bro..
    eh, blogna ta link back in my blog ya…


    • sama sama… kita harus saling berbagi broo


  2. link bank gue juga ye…
    hehehehe…


  3. kalo di warnet bisa ngga mempecepat download torrentnya
    kata yang punya warnet kecepatan down nya… 1MB. tapi begitu di pake paling tinggi cuman 50kB/s saja.


  4. Ada cara yang lebih gampang lho untuk download torrent. Cara kerjanya, torrent yang kita inginkan dijadikan direct link terlebih dulu, sehingga setelah itu kita bisa download secara normal dengan kecepatan yang cukup tinggi (tergantung koneksi internetnya) dengan software downloader kesayangan kita, contohnya seperti IDM, FlashGet, dll.

    Cara ini terbukti lebih cepat daripada menggunakan software torrent.

    Silahkan coba, artikelnya ada disini: http://teknoneta.blogspot.com .


  5. punyaku tadinya kecepatan downloadnya 50kb/s. tapi setelah tak stop (mau tak pake browsing dulu) trus aku lanjutin, e malah turun drastis jadi ndak 10kb/s .. .

    napa ya???



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: